September 30, 2020

Profile

Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Tulungagung merupakan Satuan Kerja Biddokkes Polda Jatim yang berkedudukan di wilayah Tulungagung Jawa Timur yakni Satker yang menyelenggarakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Kepolisian dan Kedokteran Kepolisian untuk mendukung tugas operasional Polri serta pelayanan kesehatan Kepolisian bagi Personel Polri, Pegawai Negeri Sipil pada Kepolisian Negara Republik Indonesia beserta keluarganya serta masyarakat umum.

Cikal Bakal Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung hanya menempati 1 ruangan yang dibagi untuk Poliklinik, Pelayanan SIM, Kamar Suntik, Kamar Obat dan Administrasi. Tahun 1980 Pengelolaan Rumah Bersalin milik Bhayangkara dengan 8 tempat tidur diserahkan Dinas karena secara ekonomis tidak menguntungkan. Untuk meningkatkan Pelayanan kesehatan terhadap Anggota, Keluarga Polri, Rumah Bersalin diubah menjadi Tempat Perawatan Sementara selain untuk Rumah Bersalin.Tahun 1983 dibangun Kamar Bersalin dan Kamar operasi yang diresmikan 26 Mei 1984. Bekas Kantor Bhayangkari di ubah menjadi Ruang Perawatan sehingga tambah 10 tempat tidur.Tahun 1989Skep /262/VI/1989 TPS Tulungagung disetujui sebagai Rumah Sakit Tk.IV dengan 29 tempat tidur. Tahun 1998 menukar Wisma Waka Polres disamping Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung dengan Rumah Dinas Karumkit. Wisma Waka Polres digunakan untuk perluasan Rumah Sakit ke sebelah utara.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.02.03/I/1468/2013 tanggal 21 Agustus 2013 tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung sebagai Rumah Sakit Umum Tipe C.

Kebutuhan akan layanan rumah sakit yang bermutu semakin meningkat seiring dengan semakin membaiknya perekonomian dan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini semakin menonjol mengingat perubahan epidemologi penyakit, perubahan struktur demografi, perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, perubahan struktur sosio-ekonomi masyarakat. Namun demikian, perkembangan ini tentunya bukanlah tanpa kendala. Penyediaan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan maupun obat-obatan sangat signifikan untuk meningkatkan perbaikan pelayanan kesehatan. Masih beredarnya anggapan bahwa rumah sakit di daerah masih dibawah standar mutu pelayanan berpotensi menghalangi perkembangan rumah sakit. Untuk mengatasi hal tersebut maka rumah sakit harus terus berbenah guna mengembangkan dan memperbaiki kondisi pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan pembuatan selasar untuk mempermudah akses ke lantai II pada tahun 2012. Pada tahun 2013 Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Tulungagung juga memperbaiki performanya dengan merenovasi tampilan depan termasuk IGD Ruang Resepsionis, Farmasi, Administrasi dan Ruang Kasir BRI.

Pada tahun 2015 Rumah Sakit mendapatan lahan dari Asrama Polres Tulungagung yang akan digunakan sebagai area parkir. Sedangkan diatas lahan parkir tersebut akan dibangun 20 Ruang VIP untuk mengembangkan jumlah tempat tidur sesuai dengan permintaan pasar.

Sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : YM. 01.10/III/5218/09 tanggal 29 Desember 2009 Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Tulungagung telah lulus Akreditasi 5 (lima) Pelayanan Dasar. Sertifikat ini diberikan sebagai pengakuan bahwa Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Tulungagung telah memenuhi syarat pelayanan rumah sakit yang meliputi  Pelayanan Administrasi Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan dan Pelayanan Rekam Medik.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor :S-3799/PB.5/2014 tanggal 16 Juni 2014 tentang Tindak Lanjut Penetapan 6 Rumah Sakit Polri sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PK-BLU. Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Tulungagung termasuk salah satu dari  6 Rumah Sakit Polri yang ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PK-BLU.  Dan diperkuat oleh Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 208 /KMK.05/2014 tanggal 9 Juni 2014 perihal Penetapan Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung pada Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai Instansi Pemerintah yang menerapakan pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU).

Pada akhir 2015 Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung membuka Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Wijaya Kusuma, Gudang Obat dan awal 2016 dibangun Kantin. Dengan jumlah tempat tidur sebanyak 98 TT.